KELOMPOK 3 KKM UNSERA MEMBUAT PAPAN DESA

Posted by





 

 




Nama Desa merupakan hal yang penting dalam suatu Desa karna merupakan suatu tujuan jika ada pengunjung khususnya luar desa yang datang ke desa tersebut. Untuk itu kami KKM UNSERA berinisiatif untuk membuat papan nama desa. Jumlah papan jalan yang kami rencanakan untuk dibuat sebanyak 14 buah dan papan informasi desa 1 buah, dimana, papan jalan, papan informasi desa ini akan kami tempatkan di lokasi – lokasi yang menurut kami penting. Lokasi – lokasi tersebut sudah kami survei setelah mendapat usulan dari pak sekdes untuk membuat papan jalan yang menjadi program KKM UNSERA yang harus terselesaikan. Kami memulai untuk membuat papan jalan, kami melakukan sosialiasi kepada  kepala RT di kediamannya masing – masing.

a.   Waktu
Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 2 -3 Maret 2013

b. Lokasi
Seluruh Kampung di Desa Sindangsari

c. Kelompok Sasaran
Seluruh masyarakat Desa Sindangsari, terutama pendatang dari luar Desa Sindangsari 

d. Pihak Terlibat
Berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa KKM UNSERA di Desa Sindangsari, Masyrakat Desa, dan Perangkat Desa Sindangsari

e. Pelaksanaan
Pada awal kegiatan, dilakukan survey ke semua kampung di Desa Sindangsari yang bertujuan untuk mengetahui nama-nama kampung. Setelah itu meminta ijin ke Kepala Desa. Setelah diberi ijin, mulai dilakukan pembelian alat dan bahan yang dibutuhkan, selanjutnya proses pengerjaan pembuat papan jalan ini terbilang membutuhkan waktu yang relatif lama. Tahapan demi tahapan kami lalui tanpa kendala yang berarti mulai dari proses pemotongan sesuai desain, pembuatan pola, pengecetan, pengecetan huruf, pemasangan papan pada tiang penyangga hingga proses terakhir yaitu pemasangan papan itu sendiri. Dukungan masyarakat juga kami peroleh dengan dipinjami peralatan untuk membuat papan komunikasi. Dan akhirnya papan jalan ini pun selesai dipasang .
f. Permasalahan
Permasalahan utama dalam pembuatan papan nama desa adalah luasnya area kampung dan jaraknya yang terlalu jauh antar kampung sehingga menyulitkan kami dalam melakukan pemasangan papan nama kampung karena berada di atas bukit dan pegunungan.

g. Solusi
Solusi dari permasalahan ini adalah diharapkan dilakukan perawatan rutin oleh warga Desa Sindangsari sehingga papan nama desa yang sudah ada tetap dalam keadaan baik dan bisa digunakan.

h. Dampak
Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan program ini adalah diharapkan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya nama suatu desa karena sering adanya pengunjung atau tamu yang datang ke Desa Sindangsari. Selain itu dengan adanya papan nama desa, diharapkan akan dapat memudahkan pikah penjabat desa dalam melakukan pendataan kampung serta turut membatu dalam memperlacar pelaksaan program kerja desa.


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 19.18

0 komentar:

Posting Komentar

Gratis !!!

Pengunjung Blog

Design by Muhamad Abduh . Diberdayakan oleh Blogger.

UNSERA

UNSERA

Buku Tamu

SMS Gratis