KKM UNSERA KELOMPOK 3 MENGADAKAN PENYULUHAN PHBS

Posted by





Mengingat pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan melihat antusias masyarakat yang kurang begitu memperhatikan kesehatan, maka kami KKM UNSERA berinisiatif Untuk mengadakan Peyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran dengan bekerjasama dengan intansi terkait yaitu Puskesmas Kecamatan Pabuaran. dilakukan pada hari minggu, 24 Mei 2013. Kegiatan ini merupakan program pokok dari bidang Kesehatan Masyarakat.

a.   Waktu
Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 24 Maret 2013

b. Lokasi
Majlis Ta'lim Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran

c. Kelompok Sasaran
Seluruh masyarakat Desa Sindangsari, terutama Ibu Rumah Tangga dan Ibu Hamil.

d. Pihak Terlibat
Berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa KKM UNSERA di Desa Sindangsari, Puskesmas Kecamatan Pabuaran, Masyrakat Desa, dan Perangkat Desa Sindangsari

e. Pelaksanaan
Pada awal kegiatan, dilakukan survey ke setiap wrga Desa Sindangsari yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan. Setelah itu meminta ijin ke Kepala Desa. Setelah diberi ijin, mulai dilakukan kunjungan ke Puskesmas Kecamata Pabuaran sekaligus undangan untuk mengisi acara PHBS.Kegiatan diawali dengan pemberian materi tentang PHBS, tanya jawab dan simulasi tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar. Pada akhir kegiatan dibagikan peralatan kebersihan, seperti sabun mandi, sikat gigi, dan pasta gigi kepada seluruh peserta yang hadir yang berujuan untuk dapat menerapkan PHBS di lingkungan keluarga. Kemudian dilanjutkan dengan praktek mencuci tangan yang baik dan benar dan juga Tanya jawab seputar materi yang telah diberikan.
f. Permasalahan
Permasalahan utama dalam Penyuluhan PHBS adalah kondisi tempat yang kurang memadai sehingga peserta sebagian ada yang berada diluar ruangan. Selain itu banyaknaya anak-anak yang ikut sehingga terjadi keributan ketika pemerian materi PHBS.

g. Solusi
Solusi dari permasalahan ini adalah diharapkan adanya tempat yang cukup luas untuk menampung warga yang datang agar penyuluhan PHBS dapat berjalan dengan himat dan lncar.

h. Dampak
Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan program ini adalah diharapkan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya menerapkan Pola Hidup bersih dan Sehat di lingkungan keluarga khusnya dan seluruh masyarakat Desa Sindangsari umumnya. Serta turut serta dalam meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat yang ada di Desa Sindangsari.
 


FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 18.49

0 komentar:

Posting Komentar

Gratis !!!

Pengunjung Blog

Design by Muhamad Abduh . Diberdayakan oleh Blogger.

UNSERA

UNSERA

Buku Tamu

SMS Gratis