KELOMPOK 3 KKM UNSERA MEMPERBAIKI SARANA OLAHRAGA

Posted by

Gambar 1. Perbaikan Lantai Lapangan Yang Rusak


 

    Gambar 2. Pengecatan Lapangan Agar Terlihat Jelas

 
 

   Gambar 3. Pengecatan Garis Lapangan Agar Terlihat Jelas

Program ini dilakukan untuk memperbaiki sarana olahraga yang terdapat di Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran, karena setelah diamati, area olahraga ini sangat sering digunakan oleh masyarakat sementara kondisinya tidak terawat. Pagi digunakan oleh siswa/i  MTS Al-Ma'arif, sore digunakan masyarakat untuk berolahraga. Program ini menurut kami masuk dalam Sektor No. 15.1.9.99 (Perencanaan prasarana perumahan dan pemukiman) karena berdasarkan pengertiannya, Pemukiman merupakan tempat atau area luas tempat suatu masyrakat tinggal, dan hidup beserta sarana dan prasarana fisik yang ada untuk menunjang masyarakat yang tinggal di area itu. Sarana Olahraga merupakan bagian dari sarana dan prasarana pemukiman.
a.   Waktu
Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 16 -17 Maret 2013
b. Lokasi
Lapangan Bulu Tangkis Desa Sindangsari

c. Kelompok Sasaran
Seluruh masyarakat Desa Sindangsari, terutama pengguna Lapangan Bulu Tangkis
d. Pihak Terlibat
Berbagai pihak yang terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa KKM UNSERA di Desa Sindangsari, Masyrakat Desa, dan Perangkat Desa Sindangsari
e. Pelaksanaan
Pada awal kegiatan, dilakukan survey ke area olahraga Desa Padangan yang bertujuan untuk mengkalkulasi dan menganalisis alat dan bahan yang dibutuhkan. Setelah itu meminta ijin ke Kepala Desa. Setelah diberi ijin, mulai dilakukan pembelian alat dan bahan.

f. Permasalahan
Permasalahan utama dalam perbaikan sarana olahraga adalah kondisi tanah lapangan yang tidak rata dan tiang yang patah serta tidak adanya net untuk bermain Bulu Tangkis. Selain itu Masyarakat Sindangsari yang kebanyakan merupakan petani, kurang peduli terhadap sarana olahraga ini.

g. Solusi
Solusi dari permasalahan ini adalah diharapkan dilakukan perawatan rutin di sarana olahraga Desa ketika kegiatan gotong royong rutin yang dilakukan desa.

h. Dampak
Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan program ini adalah diharapkan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya fasilitas olahraga karena sering digunakan oleh siswa/I MTS yang terdapat di Sindangsari. Selain itu dengan baiknya kondisi Sarana dan Prsarana olahraga, diharapkan akan dapat memancing minat masyarakat untuk rajin berolahraga karena olahraga dapat mengharumkahn nama Desa.







FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Demo Blog NJW V2 Updated at: 17.15

1 komentar:

Gratis !!!

Pengunjung Blog

Design by Muhamad Abduh . Diberdayakan oleh Blogger.

UNSERA

UNSERA

Buku Tamu

SMS Gratis